Penjaga Sumur (Wellsite)

Alhamdulillah, rasa syukur tak pernah habis kuhaturkan ke Yang Maha Agung Allah SWT yang memberikan rencana hidupku yang terbaik. Ya, seperti telah tertulis ditulisan sebelumnya, saya sempat “kecewa” karena menolak tawaran bercengkrama dengan batuan di Pulau Cendrawasih (yang akhirnya dari UNSOED berangkat 14 orang dan telah kembali kebumi tercinta Purwokerto-Purbalingga dengan selamat sehat sentosa, sukses buat kalian kawan). Namun akhirnya, dari perasaan kecewa tersebut terdapat rencana Allah SWT yang sangat indah teruntukku : Berkenalan dan bergaul dengan “Si Hitam” penghuni Borneo -Coal-. Tepatnya selama 39 hari saya berada di Borneo untuk melakukan tugas saya sebagai “Penjaga Sumur” walaupun hanya sumur tempat berhuninya si hitam -coal-.

Banyak ilmu dan pengalaman yang tidak saya dapatkan sewaktu memakan bangku kuliah. Lingkungan kerja yang kondusif dan penghuni-penghuninya yang bersahabat sangat membantu proses adaptasi saya pada lingkungan dan suasana baru. Yang terpenting, ini adalah pengalaman yang tidak pernah saya lupakan : Bekerja secara profesional, memperluas jaringan persahabatan, menginjak tanah Borneo dan tentunya naik pesawat :p.

Proses Ngebor Bersama Jacro 500, Pak Andreas dan Mas Duta

Sekilas tentang Wellsite dapat dibaca dalam pedoman seorang Wellsite dalam bentuk PDF. Ini saran dan berbagi pengalaman tentang Wellsite menurut saya :

  • Siapkan mental mengahadapi orang-orang baru, suasana baru, dan lingkungan baru
  • Bekali diri dengan pengetahuan dasar tentang Wellsite, termasuk standar kerja apa yang digunakan di area kerja tersebut (saya waktu itu memakai standar JORC)
  • Pahami kontrak kerja (Bayaran, Asuransi, Lama Kerja, Fasilitas, Lokasi, Cuti, Izin, dsb) sebelum membubuhkan tanda tangan di kontrak kerja tersebut
  • Pelajari secara global tentang lokasi kerja (Jenis Batuan, Formasi Batuan, Stratigrafi, Karakteristik Batuan Secara Umum, Morfologi, Budaya Masyarakat)
  • Bawa pakaian secukupnya, tak usah banyak-banyak (Hanya butuh baju kerja 3 helai, 1 baju “Jalan-jalan”, 3 celana dan pakaian dalam sesuai selera anda ;p)
  • Bersiap tak mendapat sinyal atau dapat sinyal sangat-sangat minim (disarankan memakai HP yang monochrom, ex : Nokia 1202). HP tersebut sangat baik dalam menerima sinyal dalam kondisi sinyal yang sangat-sangat minim
  • Cukup segitu aja (Nanti ditambah kalo ada hal yang perlu disampaikan)

Intinya adalah semangat kerja dan dapat menjaga diri sebaik mungkin merupakan modal yang terpenting. Tetap semangat.

Sebagian Rekan Kerja Diatas Long Boat Bersiap Menyebrangi Mahakam

Terimakasih spsesial saya ucapkan kepada rekan kerja saya : Aquarista NA, Mas Alief, Mas Zain, Pak Benny, Pak Asep, Pak Umar, Pak Andi, Mas Parman, Pak Asrul, Mas Bimo, Mas Abim, Mba Vica, Mas Syamsul, Mas Duta, Pak Andreas, Pak Umar, Pak Hufat, Harly, Andre, Fadly, Mas Sarwanto, Mas Aji, Mas Neber, Ibu Dapur dan semuanya yang belum sempat disebutkan disini satu-persatu.

Salam.

About zulfikarbasyuni

pembaca alam...
This entry was posted in Belajar Geologi, Trip. Bookmark the permalink.

22 Responses to Penjaga Sumur (Wellsite)

  1. nyasar ke lapangan golf says:

    nice tips…….., bsok ane bli hpmonokrom deh…., hehe

  2. adrian says:

    Dapet gaji berapa kalo cuma Kerja Praktek si???

  3. febryan prasetyawan putra says:

    wah wah…enak banget ya dah bisa project…ajak2 donk klo ada project wellsite lagi…๐Ÿ˜€

  4. hmm saya tertarik untk bljar……ada linknya lg ga tntang rumus” coring….aq twnya cmn jdi geologist klo wellsite blm ,..mw bljr jadi WSG๐Ÿ™‚

    • Rumus coring itu maksud tegasnya seperti apa ya?
      Mungkin bisa pelajari di http://www.jorc.org/ , web tersebut merupakan acuan dasar bagi banyak tugas eksplorasi geologist, salah satunya tugas sebagai wellsite geologist.
      Kalau tentang cara sebagai wellsite geologist itu bisa dibilang mudah-mudah susah. Tentu saja, guru terbaik adalah pengalaman. Banyak kok tawaran untuk wellsite geologist.
      Salam Geologi.

  5. oka says:

    bang kriteria utk kerjanya gmna ? semester brp ?

    • Kerjanya kurang lebih seperti standar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Biasanya yang diminati oleh perusahaan itu minimal mahasiswa yang telah melaksanakan dan lulus kuliah lapangan dan sudah sedikit matakuliah yang belum terambil (semester akhir – semester 7 atau 8 atau lebih senior). Terimakasih. Salam Geologi.

  6. H1F010035 says:

    nice tips bang…WGC is the best!!!

  7. shisil says:

    tanya Mas๐Ÿ™‚
    hars jago b inggris ya? hehe
    rekan Mas yang cewek yang dpt proyek siapa Mas?

  8. rudy says:

    rumus coring paling cuman hitung core recovery & RQD itu gin kalo dibutuhkan aja, sama hitung meteran pipa bor๐Ÿ˜€

  9. epesus malyo says:

    Saya lg cari kerja, ingin menjadi well sit di pemboran batubara, kalau ada job mohon bantu saya.

  10. Epesus Sus says:

    Saya lulus geologi dari sttnas, dan sayalgi cari kerja, posisi jadi well site mau banget, kalau ada yang butuh tenaga well site, mohon hubungi no ini 081212051544

  11. Epesus Sus says:

    Saya pernah kerja di jambi, kalteng..masing2 3 bulan di whellsite.

  12. Intan1992 says:

    ada info lowongan wellsite gak kawan pngalaman saya udah cukup…

    ]

  13. muhammad ghiraf says:

    mas numpang tanya saya maih kelas x(kelas 1 sma) kalo mau masuk jurusan geologi gmna sih?ya…bwat persiapan aj biar bsok dah mantep,

Silahkan tanggapi celotehanku dan mari berdiskusi bersama...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s