Tanya Kenapa??

Tanya kenapa??

YA,,itu kalimat tanya sederhana yang harus dicamkan dan mutlak diatanam dalam diri kita. Dari membaca pernyataan tersebut, seharusnya kita sudah menerapkan kalimat tersebut, tenya kenapa saya menulis pernyataan tersebut. Pada dasarnya manusia adalah sesosok makhluk yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, dari rasa keingintahuan tersebut dimulai lah proses pemebelajaran bagi diri manusia. Dimulai dari kita berumur sedetik, semenit, sehari, seminggu, sebulan, setahun dan seterusnya. Dimulai dari ingin tahu bagaimana rasanya berjalan kaki, berbicara sampai kegiatan yang kompleks.Pada lazimnya rasa keingin tahuan kita dengan menerapkan kalimat tanya : Tanya kenapa ?? akan terus ada sampai kapanpun. Dari rasa keingintahuan yang menciptakan pembelajaran akan melahirkan semangat baru yang timbul di diri manusia. Semangat baru tersebut yang kemudian menjadi modal utama untuk mengarungi hidup (kata orang sih hidup itu udah sulit, jadi jangan dipersulit).

Sadarkah anda, bahwa dengan memperhatikan alam akan tercipta suatu teori yang sebenarnya sederhana tetapi sangat-sangat penting dalam dunia ini. Salah satunya adalah teori gravitasi oleh Newton. kenapa hanya dia yang mempedulikan adanya apel yang jatuh ketanah??bukankah itu hal yang biasa??kenapa hanya dia yang kemudian mengemukakan suatu teori yang sangat bagus??

 

 

 

 

Ingatlah, suatu ide yang sangat sederhana menurut kita belum tentu terpikirkan dibenak orang lain, maka sesederhana ide, tuangkan dalam bentuk apapun, harus direalisasikan. Jangan hanya bilang : Ah, itu mah aku juga bisa. Padahal apakah seblum mengucapakan hal tersebut terbentik suatu ide yang katanya dia juga bisa??

Ada suatu cerita, suatu waktu ada seorang pemuda yang pada suatu forum memberikan semacam permainan sederhana : Mendirikan telor rebus! Dari sekian banyak orang yang hadir dalam forum tersebut, tidak ada yang bisa melakukannya. Akhirnya semua orang menyerah dan pemuda tersebut memberikan jawabannya, cara mendirikannya adalah telor dibagian kosongnya dipecahkan sedikit sehingga membentuk ceruk dan berdirilah telor tersebut. Suatu hal yang sangat-sangat sederhana. Tiba-tiba ada yang nyeletuk : Ah,kalo gitu mah aku juga bisa! Pemuda tersebut kemudian menjawab : Itulah, ide sesederhana apapun harus direalisasikan, jangan hanya dipendam dalam otak.

Kalimat tanya kenapa akan membuat otak manusia untuk selalu berpikir dalam menemukan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diri sendiri. Ada seorang dosen senior ITB yang dalam sistem pengajarannya selalu menerapkan kata TIDAK dalam penyampaian materi kuliah, ya tujuannya tidak lain tidak bukan untuk menimbulkan kalimat TANYA KENAPA dan berharap menghasilkan teori-teori baru dari kata TIDAK yang berlanjut ke kalimat TANYA KENAPA??.

Kalimat ini begitu populer di tahun 2000an dalam sebuah iklan rokok, sayangnya kalimat ini dalam sebagian orang tidak dibarengi dengan ide-ide dan realisasi dari ide tersebut. Untuk menerapkan kalimat tersebut harus “Berpikir di luar kotak : Berpikir di luar kebisaan” agar timbul jawaban-jawaban yang fantastis.

Mari kita semua budayakan TANYA KENAPA mulai detik ini dan merealisasikan ide! Jadilah orang kreatif!

Salam.

About zulfikarbasyuni

pembaca alam...
This entry was posted in Motivasi and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Silahkan tanggapi celotehanku dan mari berdiskusi bersama...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s