Pentingnya Ilmu Geologi

Ah,,susah juga ya membuat pengunjung blog ini untuk meninggalkan komen,,padahal komen dapat membantu penulis untuk menilai isi dari blog… Ayolah budayakan tinggalkan komen,,biar semangat nyusun materi tentang geologi..

Ok,,tak masalah,,harus tetap semangat..

Seperti telah disebutkan sebelumnya disini,, geologi membahas tentang segala sesuatu sifat fisik bumi,,bagian permukaan bumi hingga isinya.. Dengan mempelajari geologi, seorang geolog dapat mengaplikasikan pengetahuan ilmu geologinya untuk kemaslahatan umat manusia.. Berbagai hal tersebut antara lain adalah bidang pertambangan, perminyakan, hingga bidang pembuatan pasta gigi pun memerlukan jasa geologi dalam mencari sumber salah satu bahan pasta gigi (kalsium) yang biasa terdapat pada kalsit.. ya, betapa pentingnya geologi untuk kehidupan manusia.

Ada anekdot di kalangan ahli geologi di bidang perminyakan : Geologi itu pilihannya mudah, surga atau neraka. kalau menemukan minyak dan minyak tersebut dapat diproduksi dengan jumlah besar, masuklah ke surga, membawa kemaslahatan umat. Nah silahkan masuk neraka bila gagal dan salah menentukan titik bor minyak, karena industri migas ini berjuta rasanya, sekali bor dapat menghabiskan bermilyar rupiah, dry hole? tamatlah bermilyar rupiah tersebut.

Hal lain yang belum banyak orang mengerti tentang pentingnya geologi adalah yang berkaitan dengan isu alam. Ya, banyak digembor-gemborkan seluruh kegiatan pertambangan harus dihentikan karena merusak alam. Tapi apa mereka berpikir lebih jauh? kalo tidak ada pertambangan, bagaimana caranya mereka bisa membaca dan mencaci maki blog ini? Ya,,dengan komputer, walupun tidak secara langsung merupakan hasil dari pertambangan tersebut. Belum lagi listrik, belum lagi lampu, belum lagi jalanan aspal, belum lagi pakaian yang mereka kenakan, masih banyak belum lagi-belum lagi yang dapat diungkapkan.. Memang,, aktivitas pertambangan dapat merusak alam,,tapi bukan berarti pertambangan harus dihentikan sepenuhnya,,tugas para ahli ilmu pertambangan,, bagaimana caranya agar pertambangan tak merusak alam,,,

Ini dia perbedaan mendasar antara ahli geologi dengan ahli lainnya..

Suatu cerita, sekelompok ahli masuk hutan dengan tujuan mencari beruang. Para ahli tersebut sudah tau bagaimana wujud dan sifat beruang. Tak berapa lama masuk hutan, muncul seekor beruang yang tentunya para ahli tersebut langsung memburu dan mengejar beruang tersebut karena itu tujuan utama mereka masuk hutan. Tetapi hanya satu ahli yang tidak ikut mengejar, dia malah mengambil arah lain yang ditempuh para ahli lainnya. Dia menyusuri jejak awal beruang tersebut dengan suatu tujuan. Hal tersebut membuahkan hasil besar, dia menemukan sarang beruang yang berisi keluarga beruang, temuan besar, temuan yang tak terpikirkan ahli lainnya.

Itu dia keunggulan ahli geologi, ahli geologi tak melupakan dasar-dasar dari ilmu geologi sebagaimana ahli yang menemukan sarang beruang yang berpikir hal dasar mengenai sifat hidup beruang yang berkelompok dan membuat sarang di suatu tempat. Hal tersebut dapat dianalogikan kedalam dunia migas sebagai berikut, walaupun banyak ahli yang ikut berkecimpung dalam industri migas, tetap ahli geologi lah yang menentukan letak minyak dan titik bor, karena hal tersebut walaupun dapat dipelajari oleh disiplin ilmu lain selain geologi, tetap saja dasarnya ada pada ilmu geologi..

Semangat lah para geolog, anda tak akan pernah kehabisan pekerjaan di dunia ini sampai hari akhir nanti. Jadikanlah hidup anda geologi, jadikan semua hal menjadi geologi, mengg-geologikan kehidupan,, semangat!!!

Salam geologi,,,

Kami hidup, dari bumi, untuk bumi, sampai mati…

About these ads

About zulfikarbasyuni

pembaca alam...
This entry was posted in Belajar Geologi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

53 Responses to Pentingnya Ilmu Geologi

  1. kevin says:

    kak,tolong kirimin situs2 ttg ilmu geologi ke e-mail ku ya?

  2. Nasyrah says:

    Tulisannya bagus ka, di kembangkan lagi ya…
    sy juga sangat senang dengan geologi. rencananya kuliah mau ngambil jurusan teknik geologi, itupun kalo diterima…hehehe…
    sy juga setuju ttg pertambangan. nggak mesti di hentikan. hanya saja para ahli pertambangan harus memikirkan ttg bagaimana caranya agar lingkungan tetap terjaga dan pertambangan itu nggak sampai merusak lingkungan sekitar, apalagi bumi ini.
    Thanks ya ka…sy jd tmbh semangat buat masuk geologi.

    • Sip..terimakasih..
      Sebenernya dinegara lain sudah banyak kebijkan yang diterapkan di dunia tambang..contohnya china yang sudah tidak memprbolehkan pertambangan gamping (untuk bahan baku semen) yang mana malah pengusaha china berpindah ke indonesia yang masih semrawut dalam mengatur kebijakan tambang..
      Kita sebagai orang geologi dihadapkan pada dua pilihan : geologi putih atau geologi hitam..
      Semangat untuk semangat geologinya..
      Selamat datang didunia geologi..
      Salam geologi..

  3. zhurro says:

    siip

  4. yugo says:

    geologi hitam itu yang seperti apa? aku sudah masuk FT geologi, tapi aku belum tau nanti geologi itu belajar apa, apakah pelajarannya sulit?

    • Salam geologi..
      Geologi hitam itu opini saya, saat ini geologi itu dapat membangun dan sekaligus menghancurkan apa yg ada di bumi ini. Nah, geologi yg mengeksploitasi hasil bumi tanpa memperhatikan aspek lingkungan,itu yg dinamakan geologi hitam..
      Initinya belajar geologi itu menarik, hal pertama yg harus dilakukan itu menyukai geologi dulu, nah nanti belajarnya bakal enjoy. Belajar geologi tidak akan usai selama bumi ini ada. Selamat datang di dunia geologi.
      Nikmati, hayati dan pelajari. Renungkan kebesaran Sang Pencipta melalui Geologi.
      Salam Geologi….

      NB : FT Geologi mana nih?

  5. sahid says:

    Ilmu geologi.
    Saya ada niatan kesana. Namun kenapa saya harus kesana ??
    Saya masih bimbang juga hehehe

    • NIAT.. itu alasan utama anda harus masuk geologi.. niat sudah ada dalam diri anda, jadi silahkan dengan senang hati masuk geologi.. apa motivasi anda untuk meneruskan studi? Bila motivasi anda adalah untuk membentuk karakter dan lebih mengenal alam, anda cocok untuk geologi.. dan peluang kerja geologi sangat banyak, sangat terbuka lebar..
      Jadi jangan ragu untuk masuk geologi..
      Welcome!!!

  6. Octa Rudin says:

    thanks infonya, tapi ane masih bingung, apa sih bedanya teknik pertambangan sama geologi ?

    • Hmm, secara umum bedanya begini, kalau geologi itu yang mencari (eksplorasi) dan menentukan sesuatu yang akan diambil (ex : batubara), nah kalau teknik pertambangan itu yang mengeksekusinya (menambang/eksploitasi), karena mencari (eksplorasi) maupun menambang (eksploitasi) itu perlu ilmu – ilmu yang khusus dan spesifik. Kurang lebih seperti itu bedanya dan hal tersebutlah yang “menyatukan” geologi dan teknik pertambangan. Terimakasih. Salam Geologi.

  7. nanya dong geologi perminyakan itu sebenanya apa sih?

    • Selamat siang Ifani. Geologi perminyakan menurut hemat saya yaitu ilmu geologi yang diaplikasikan untuk mencari minyak dan kawan – kawannya (ex : gas bumi). Hal tersebut dilakukan untuk mencari daerah yang berpotensi adanya kandungan minyak didalamnya. Nah geologi-lah yang mencari dan menentukan dimana daerah potensi minyak tersebut, caranya tentu salah satunya dengan melakukan pemetaan geologi. Terimakasih. Salam Geologi.

      • makasih ka informasinya. jadi seru ni , mau nanya lagi ya universita yang ada jurusan itu universitas mana ka ? susah gak sih kalo mau ngambiljurusan itu ?

      • Memang seru geologi itu. Kalo universitas di Indonesia ada Unsoed Purwokerto (almamater saya :D), ITB, UGM, Undip, Trisakti, UPN Jogja, Akprind, STTNas Jogja, Unhas, ehm dimana lagi ya. Mudah susah itu tergantung niat, kalau niat sudah bulat untuk bergulat di bidang Geologi, tak usah ragu, yakin, tancap saja. Terimakasih. Salam Geologi.

      • oyyaa salam geologi juga ka

  8. kalo buat kedepannya gimana ka?

  9. oya satu lagi contoh la[angan kerjanya mana aja ?

    • Geologi hampir bisa semua masuk ke berbagai bidang kehidupan. Bahkan geologi bisa masuk ke bidang kecantikan (kosmetik), dimana kosmetik membutuhkan beberapa komoditi pertambangan sebagai bahan penyusun utamanya, nah geologi-lah yg mencari komoditi pertambangan yang dibutuhkan tersebut. Terimakasih. Salam Geologi.

      • Indian dwi hartono says:

        Mahasiswa Geologi mana mas… ditmbahi gmbar”ny dnk. terutama ttg roh”ny petro,struktur,morfo.. so org yg msh awam ky sy bs mngrti bnyk.. but blogny bagus..

      • Oke,terimakasih masukannya mas.
        Saya geolog Indonesia ditempa di geologi Unsoed Purwokerto :)
        Salam geologi.

  10. dessy says:

    kak,,tolong lah,,di perjelas lagi arti penting nya mempelajari geologi…
    sejelas”nya,,dan lebih detail.
    terimakasih.

  11. kakak universitasnya dmn? klo undangan geologi trus nilainya smstr 3-4 turun , adaa kesemoatan lolos jalur undangan ga ya??bls

    • Saya Geologi Unsoed Purwokerto. Kalau Unsoed itu menerapkan sistem evaluasi per 2 tahun pertama yg salah satu syaratnya IPK harus diatas 2.00 agar tidak masuk ke calon DO. Nah Nikita rencana masuk geologi mana ya,mungkin bisa saya usahakan cari informasinya dari teman2 geologi universitas lainnya.

      Salam geologi.
      *maaf baru balas,saya sedang didaerah susah sinyal internet :)

  12. Al Fauzi says:

    mantap kak artikelnya..
    saya minat nih di geologi, tp bingung mau masuk univ mana..
    kalo geologi di unsoed peluang jalur undangannya gimana ya kak?

    • Terimakasih.
      Saya kurang tau kalau jalur undangan di Unsoed, jadi belum bisa terlalu membantu cara masuk ke universitas. Geologi Unsoed juga bagus, tapi menurut saya yg pengajar2 geologinya paling top itu dari geologi ITB, silahkan pertimbangkan dahulu mau masuk mana,ga bakal nyesel koq masuk geologi.
      Salam geologi.

      • Al Fauzi says:

        Kalo ke ITB berat kak, banyak peminatnya, jadi kecil peluanganya.
        saya masih bingung, beda geologi sama geofisika apa ya?

      • Hai mas Fauzi, kalau semua orang pikirannya seperti anda yang berpikir masuk ITB itu peluangnya kecil, ya semoga saja seperti itu. Jadi peluang masuk sana lebih besar, karena hanya sedikit orang yang menganggap masuk ITB itu peluang besar, bagaimana?semua itu tergantung mindset kita mas,usaha dulu,berdoa,yakinlah Tuhan selalu memberi jalan dan panduan :)
        Kalau bedanya geologi dengan geofisika itu secara singkatnya begini. Geofisika lebih ke arah “operator” alat yang dibutuhkan geologi, sedangkan geologi sebagai “penerjemah” dari sesuatu yang dihasilkan oleh orang geofisika. Saya membuka untuk diskusi hal tersebut :)
        Salam geologi.

  13. Harry Wilson says:

    nanya donk kak,, apa sih arti mempelajari geologi dasar itu,,,,.?

    • Hai mas Wilson,semoga selalu dalam karunia tuhan,aamiin.
      Dari namanya kan “dasar”, yo artinya step awal dalam mempelajari ilmu geologi, sukai ilmu dasarnya, pahami. Yakinlah semuanya itu berpedoman pada sesuatu yang dasar, dapat memahami secara penuh hal yang mendasar adalah modal yang sangat berharga dalam hal apapun, tidak terkecuali ilmu geologi, begitu mas Wilson?
      Semoga anda selalu dapat menguasai semua hal yang mendasar, aamiin.
      Salam geologi.

  14. ka saya kalo nanti ngambil geologi, kemungkinan besar pekerjaannya apa ? apalagi saya itukan perempuan kan gak asik kalo kerjaannya harus pindah-pindah

    • Banyak pekerjaanya mba. Jadi pengusaha juga available mba :)
      Banyak koq teman2 saya yang cewe ambil geologi. Rejeki ga kemana mba, cintai dulu geologi.
      Salam geologi.

  15. udin says:

    tanya dong mas, antara geologi, pertambangan, sama perminyakan itu mendingan mana? awalnya saya ragu e milih kemana, tapi alhamdulillah saya ketrima di geologi upn hehe
    makasih

  16. bahrul says:

    bagus tuh

  17. rani trisdawati says:

    Kak, InsyaAllah saya lulus SMA thun 2014 ini, mau ambil jurusan geologi. Sebetulnya geologi itu termasuk jurusan ipa/ips? Dan ilmu dasarnya apa?

    • Aamiin untuk kelulusannya..
      Oke, ilmu dasar geologi itu seni ;)
      Jadi intinya disini itu mau IPA atau IPS bisa saja masuk geologi..
      Untuk semester pertama dan kedua tetep ada kimia,fisika,matematika,tapi pelajaran2 itu levelnya hampir mirip sama pelajaran kelas 1 sma..
      Ilmu dasarnya ya batu, ya, basic geologi adalah batu..
      Semoga mencerahkan :)

  18. rani trisdawati says:

    :-) iya (y) terimakasih.. sekarang kakak sudah menjadi sarjana/msh kuliah? Tapi saya berniat mengambil tentang bencana alamnya/tentang vulkanisnya semacam itu, kakak yg lebih tau pastinya. Bagaimana menurut tanggapan kakak?

    • Saya masih kuliah,,tapi sudah tidak kuliah di unversitas,,kuliah langsung dengan alam ;)
      Wah,,bgus itu,,masih sedikit tentang orang yg konsen terhadap vulkano atau keberkahan kebencanaan geologi.. sukai,,dalami.. semoga sukses.. aamiin..

  19. nola says:

    ka bedanya geologi ama geodesi itu apa sih? passinggradeny tinggian yang mana ?

    • Geologi itu mempelajari segala macam tentang bumi,,terutama tentang batuannya.. nah kalo geodesi tentang gambaran permukaan buminya,,tidak berkonsentrasi ke batuan,, kita ibaratin bumi itu semangka ya.. geologi mempelajari dari isi sampe kulit2nya semangka,,sedangkan geodesi mempelajari tentang gambaran kulit semangkanya,,tanpa struktur dalam semangka tersebut.. pass. Grade?tergantung selera itu ;)

  20. Sera says:

    Permisi kak mau nanya, kalo di jogja itu univ yang ada teknik geologinya itu setau saya upn, ugm, akprind, dan sttnas. kalo menurut kakak urutan mulai dr pertama yg prospek mencari kerjanya mudah apa ya? terimakasih..

    • Semuanya sama peluang kerjanya kalo ditanya tentang geologi.. disini tetap yg terpenting adalah pribadi masing-masing, Sera.. soalnya dari univ. Yg disebut Sera itu relatif merata dibeberapa perusahaan yg memakai jasa geologi.. jadilah pribadi yg berbeda dari yg lain,,pasti akan dinilai berbeda pula oleh orang lain,,be positif :)

  21. nina says:

    kak setelah baca artikel kka aku jadi makin tertarik sama geologi! tapi masih aja bingung mau geologi atau tambang..yang lebih condong ke jurusan ipa itu geologi atau tambang ya kak? makasih

    • Hay Nina.. selamat sudah “teracuni” ilmu geologi.. bntar ya,,saya ngemil dulu,,tanggung ;p
      Nah,sudah selesai nih ngemilnya..
      Nina,,dua2nya bisa dibilang identik dengan jurusan IPA.. mana yang lebih condong?dua2nya seri nih.. Gini deh,,gampangnya geologi itu yang mengawali, menyertai dan mengakhiri kegiatan tambang.. kalo tambang ya diwali,disertai dan diakhiri oleh geologi.. so? Closed kan? :)

      • Irul says:

        Begini pak,domisili saya kan di daerah kaltim,balikpapan tepatnya,saya bingung memilih jurusan(netral),maklum masih blm tau ttg prospek dan fee nya hehe,tetapi saya minat dgn dunia perminyakan,nah,jurusan di dunia perminyakan ada apa aja pak?kalau saya tanya mending geologi atau IT prospek lebih ‘wah’ yg mana?rencana sih mau lanjut di stt migas bpp pak,hehe

  22. arifmardian says:

    Jurusan geologi ada gk yg kelas karyawan?

  23. Langgeng says:

    Gan ane mw nanya fakultas Geologi yang akreditasinya A/B di Indonesia apa ya ? trus biaya kuliahnya lebih mahal Fakultas geologi atau perminyakan ?
    Thaks Ditunggu balasannya

Silahkan tanggapi celotehanku dan mari berdiskusi bersama...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s